A. Bentuk Komunikasi
Bisnis
1.
Komunikasi
Tertulis
Pesan-pesan tertulis memiliki
berbagai bentuk seperti surat, memo, proposal, laporan. Salah satu keuntungan
komunikasi ini adalah :
·
Catatan permanen
·
Pesan yang terencana
·
Ekonomis
·
Distribusi lebih mudah
Penulis memiliki
kesempatan untuk merencanakan dan mengendalikan pesan-pesan mereka. Format
tulisan diperlukan jika informasi yang disampaikan bersifat kompleks,
dibutuhkan catatan permanen untuk referensi di masa yang akan
datang
2. Komunikasi Lisan
Salah satu kebaikan dari komunikasi
lisan (oral communication) adalah
·
Bisa
menangkap nonverbal
·
Mudah
·
Feedback
langsung
Kemampuan dalam memberikan umpan balik
dengan segera digunakan bila pesan yang disampaikan adalah sederhana, tidak
perlu catatan yang permanen. Komunikasi lisan mencakup percakapan,
telepin, wawancara, rapat konfrensi dan lain-lain
B.
SALURAN KOMUNIKASI
1)
Komunikasi
Formal
Komunikasi formal adalah suatu proses komunikasi
yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di dalam lembaga formal melalui
garis perintah atau sifatnya instruktif atau mengikuti garis hirarki atau
jabatan, Suatu komunikasi juga dapat dikatakan formal ketika komunikasi antara
dua orang atau lebih yang ada pada suatu organisasi dilakukan berdasarkan
prinsip - prinsip dan struktur organisasi. Tiga arah komunikasi formal
- Downward adalah pengambilan keputusan ke karyawan, contoh kebijakan, rencana, strategi, instruksi dan prosedur
- Upward adalah dari pekerja ke pemimpin, contoh laporan kerja, usulan perbaikan.
- Horizontal adalah sesama/level yang sama, contoh: meeting, e-mail, dan memo
2)
Komunikasi
Informal
komunikasi informal adalah komunikasi antara orang
yang ada dalam suatu organisasi , akan tetapi tidak direncanakan atau tidak
ditentukan dalam struktur organisasi . Fungsi komunikasi informal adalah untuk
memelihara hubungan sosial persahabatan kelompok informal , penyebaran
informasi yang bersifat pribadi dan privat seperti isu , gossip , atau rumor.
Bila banyak informasi yang beredar melalui informal artinya komunikasi formal
tidak efektif. Keuntungannya adalah informasi lebih cepat dan efektif dan bias
mengekspresikan pendapat tanpa ragu-ragu.
C. KOMUNIKASI
INTERNAL DAN EKSTERNAL
Fungsi internal dan eksternal komunikasi bisnis secara
umum adalah sebagai berikut :
- Menginformasikan (tin inform)
- Membujuk (to persuade)
- Mempromosikan (to promote goodwill)
- Komunikasi Bisnis Internal
1)
Komunikasi
Bisnis internal
Komunikasi internal mencakup pada
komunikasi kepada atasan, bawahan dan rekan kerja. Komunikasi bisnis internal
memiliki fungi sebagai berikut :
- Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan dan prosedur
- Menginformasikan progres perusahaan
- Mendorong pegawai melakukan perbaikan
- Evaluasi, member penghargaan dan menegur pegawai
2)
Komunikasi
Bisnis Eksternal
Komunikasi eksternal ini mencakup
konsumen, supplier, pemerintah dan public. Fungsi komunikasi bisnis eksternal
sebagai berikut :
- Membujuk konsumen pembeli produk
- Menjelaskan produk atau layanan
- Mengklarifikasikan spesifikasi yang dibutuhkan
- Mempromosikan omage positif perusahaan
- Memberikan kredit dan penagihan piutang
D.
HAMBATAN KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi seringkali terganggu atau
bahkan dapat menjadi buntu sama sekali. Faktor hambatan yang biasanya terjadi
dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut :
Ø Hambatan
Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
Ø Hambatan
Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
Ø Hambatan
Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :
·
Hambatan
yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi,
umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi,
penyaringan informasi.
·
Hambatan
yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial
dan budaya, seperti suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut .
Beberapa hal
yang menghambat komunikasi bisnis:
v Iklim
komunikasi tertutup, karyawan sedikit mengetahui tentang perusahaan, informasi
dikuasasi oleh pemimpin.
v Struktur
organisasi yang besar dan berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi
berbeda.
v Filtering,
pesan dirubah, diperpendek atau diperpanjang.
v Tidak
percaya, merasa diperdaya, dimanipulasi atau diperlakukan dengan tidak
adil.
v Rivalitas
antar karyawan, saling merahasiakan informasi yang bisa menguntungkan orang
lain.
v Status dan
power
Beberapa hal untuk mengatasi hambatan komunikasi
bisnis:
v Mendorong
iklim komunikasi terbuka, mendorong masukan dan feedback dari karyawan
v Menyederhanakan
struktur organisasi, mengurangi layer, informasi lebih cepat
v Mempromosikan
komunikasi horisontal, meningkatkan moral, menambah ide-ide.
Membuat
pusat isu, karyawan bisa mengkonfirmasi isu yang berkembang
Membuat
saluran formal seperti newsletter untuk memuat berita/informasi perusahaan
Sumber : Ret Scvisni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar