PENGEMBANGAN
RENCANA USAHA
CATERING
SIAP SAJI
Disusun
Oleh:
Rizkia Ulfah
56212578
2DF02
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang Perusahaan
Kami dari perusahaan jasa Katering yang bergerak di bidang kulinerr yang menyajikan jasa pemesanan berbagai makanan(katering).Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan dar ipada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami ka mempunyai ide untuk membuat bisnis kateringmakanan.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang ,3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya
2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenagaakerjaapabilamembutuhkan.
BAB II
LANDASAN
TEORI
2.1 VISI & MISI
VISI
Menyajikan makanan siap saji atau katering kami lebih di kenal dan menjadi
pilihan utama masyarakat apabila ingin memesan makanan yang siap saji,dan ingin
memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumen.
MISI
1.
Berorientasi kepada kepuasan konsumen
2.
Membuat berbagai macam aneka makanan sesuai pemesanan
konsumen.
3.
Memperkenalkan jasa katering perusahaan kami kepada
masyarakat bahwa perusahan kami menyajikan makanan siap saji (katering)
2.2 MOTTO PERUSAHAAN
“KUALITAS MANTAP HARGA BERSAHABAT”
2.3 RINGKASAN EKSEKUTIF
Perusahaan
bernama “KATERING SIAP SAJI”,merupakan perusahaan jasa di bidang
makanan/kuliner.Katering siap saji adalah perusahaan jasa pemesanan nasi kotak (katering).perusahaan
kami menyajikan setiap pemesanan nasi apabila konsumen ingin memesan sesuai
keinginan,kami akan membuat makanan yang kualitasnya terjaga seperti
kehigienisannya,keunikan dan keistimewaan dari masakan kami.
2.4 DATA PERUSAHAAN
1
|
Nama Perusahaan
|
-
|
2
|
Bidang
Usaha
|
-
|
3
|
Jenis
Produk0Jasa
|
-
|
4
|
Alamat
Perusahaan
|
-
|
5
|
Nomor
Telepon
|
-
|
6
|
Alamat
Email
Alamat
Twitter
Alamat
Facebook
Alamat
Blog
|
Catering_siapsaji@yahoo.com
@cateringsiapsaji
Cateringsiapsaji
Cateingsiapsaji.blogspot.com
|
1
|
Nama
|
Firmansyah
|
2
|
Jabatan
|
CEO
|
3
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Bekasi,03 Juni 1993
|
4
|
Alamat Rumah
|
Jln.Rambutan 01 no.26
|
5
|
Nomor telepon
|
089376474647
|
6
|
Alamat email
|
firmansyah@yahoo.com
|
7
|
Pendidikan terakhir
|
SMA
|
8
|
Pengalam kerja
|
Wirausaha
|
1
|
Nama
|
Kartika
|
2
|
Jabatan
|
General Manager
|
3
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Bekasi,31 Maret 1995
|
4
|
Alamat Rumah
|
Jln.Selatan IV no.56
|
5
|
Nomor telepon
|
085676779999
|
6
|
Alamat email
|
tikakartika@yahoo.com
|
7
|
Pendidikan terakhir
|
SMA
|
8
|
Pengalam kerja
|
Wirausaha
|
1
|
Nama
|
Rizkia Ulfah
|
2
|
Jabatan
|
Financial Manager
|
3
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Bekasi,22 Juni 1994
|
4
|
Alamat Rumah
|
Jln.Selatan 1 no.01
|
5
|
Nomor telepon
|
083875655643
|
6
|
Alamat email
|
Ulfah.rizkia@yahoo.com
|
7
|
Pendidikan terakhir
|
SMA
|
8
|
Pengalam kerja
|
Wirausaha
|
1
|
Nama
|
Novia Sari
|
2
|
Jabatan
|
Production Manager
|
3
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Bekasi,29 Juli 1994
|
4
|
Alamat Rumah
|
Jln.Selatan VII
no.123
|
5
|
Nomor telepon
|
089090977689
|
6
|
Alamat email
|
noviasari@yahoo.com
|
7
|
Pendidikan terakhir
|
SMA
|
8
|
Pengalam kerja
|
Wirausaha
|
1
|
Nama
|
Putri Sekha
|
2
|
Jabatan
|
Marketing Manager
|
3
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Bekasi,29 Juli 1995
|
4
|
Alamat Rumah
|
Jln.Selatan II no.56
|
5
|
Nomor telepon
|
08134769909
|
6
|
Alamat email
|
sekha@yahoo.com
|
7
|
Pendidikan terakhir
|
SMA
|
8
|
Pengalam kerja
|
Wirausaha
|
2.5
STRUKTUR ORGANISASI
BAB III
ANALISIS
PERMASALAHAN
3.1 Modal
Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan
1. Kas Rp 5.000.000,00 Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal) Perlengkapan Rp 1.000.000,00Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan),Peralatan Rp 500.000,00 Kas Rp 500.000,00 (Pembelian Peralatan),Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 7.500,00)
2 x (200 Porsi x Rp 7.500,00) = Rp 3.000.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 3.800.000,00
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000,00).
Rp 4.000,00 x 500 Porsi = Rp 2.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00
Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan
Pendapatan Porsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 3.000.000,00
Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 800.000,00 +Rp 3.800.000,00
Biaya-biaya Biaya Angkut Rp 200.000,00,Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +Rp 3.200.000,00 +Laba Rp 600.000,00
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan
1. Kas Rp 5.000.000,00 Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal) Perlengkapan Rp 1.000.000,00Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan),Peralatan Rp 500.000,00 Kas Rp 500.000,00 (Pembelian Peralatan),Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 7.500,00)
2 x (200 Porsi x Rp 7.500,00) = Rp 3.000.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 3.800.000,00
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000,00).
Rp 4.000,00 x 500 Porsi = Rp 2.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00
Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan
Pendapatan Porsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 3.000.000,00
Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 800.000,00 +Rp 3.800.000,00
Biaya-biaya Biaya Angkut Rp 200.000,00,Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +Rp 3.200.000,00 +Laba Rp 600.000,00
3.2 Penentuan Harg jual
perkotaknya
Rp.10.000,- ,Rp.15.000,- ,hingga Rp.20.000,- Tergantung isi lauk nya.
3.3 Pemasaran
Target pasar adalah seluruh kalangan
masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.Pesaing kita dari perusahaan
katering lainnya
BAB IV
PEMBAHASAN PERMASALAHAN
4.1 SWOT
A. STRENGH (KEKUATAN)
·
Bahan-bahan nya mudah di temukan
·
Makanannya memiliki rasa khas sendiri
·
Harga setiap nasi kotak terjangkau
B. WEAKNESS (KELEMAHAN)
·
Setiap kotak nasi tidak tahan lama
·
Modal usaha yang kecil
·
Pemesanan hanya di daerah-daerah terdekat perusahaan
saja
C. OPPORTUNITIES (PELUANG)
·
Minak akan makanan siap saji tinggi
·
Makanan yang praktis siap saji
D. THREATS (ANCAMAN)
·
Harga katering competiter bersaing
·
Masyarakat menengah yang tidak menggunakan katering
·
Selera konsumen Variatif
·
Packaging kompetiter lain yang lebih menarik
4.2 TOWS
A.
SO
·
Menerima pesanan dari konsumen lebih banyak lagi
·
Ciri khas dari katering kami akan kami perkuat lagi
·
Tetap menjaga kualitas produk
B.
WO
·
Menerima pemesanan hanya di sekitar daerah perusahaan
kami
·
Mencari investor untuk bergabung
·
Mencoba daerah-daerah lainnya
C.
WT
·
Kualitas kami akan kami tambah
·
Membuah harga lebih terjangkau
·
Memahami selsera konsumen
·
Packagingnya lebih menarik lagi
BAB V
KESIMPULAN
5.1
Kesimpulan dari usaha kami
Dari pembahasan yang
saya buat ternyata usaha katering sangatlah menggiurkan dengan peminat yang
begitu besar. Sehingga kita dapat memperoleh keuntungan sebesar mungkin. Diakui
memang usaha ini membutuhkan modal cukup besar, tetapi kita dapat membuka
peluang lapangan pekerjaan juga untuk mengurangi jumlah penganggurandi daerah
kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar