Sabtu, 02 November 2013

PENGEMBANGAN RENCANA USAHA CATERING SIAP SAJI


PENGEMBANGAN RENCANA USAHA
CATERING SIAP SAJI




Disusun Oleh:
Rizkia Ulfah
56212578
2DF02

UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar belakang Perusahaan

            Kami dari perusahaan jasa Katering yang bergerak di bidang kulinerr yang menyajikan jasa pemesanan berbagai makanan(katering).Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan dar ipada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami ka mempunyai ide untuk membuat bisnis kateringmakanan.
            Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.
            Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang ,3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya
2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenagaakerjaapabilamembutuhkan.






BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 VISI & MISI

VISI
Menyajikan makanan siap saji atau katering kami lebih di kenal dan menjadi pilihan utama masyarakat apabila ingin memesan makanan yang siap saji,dan ingin memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumen.
MISI
1.      Berorientasi kepada kepuasan konsumen
2.      Membuat berbagai macam aneka makanan sesuai pemesanan konsumen.
3.      Memperkenalkan jasa katering perusahaan kami kepada masyarakat bahwa perusahan kami menyajikan makanan siap saji (katering)

2.2  MOTTO PERUSAHAAN
“KUALITAS MANTAP HARGA BERSAHABAT”
2.3  RINGKASAN EKSEKUTIF
            Perusahaan bernama “KATERING SIAP SAJI”,merupakan perusahaan jasa di bidang makanan/kuliner.Katering siap saji adalah perusahaan jasa pemesanan nasi kotak (katering).perusahaan kami menyajikan setiap pemesanan nasi apabila konsumen ingin memesan sesuai keinginan,kami akan membuat makanan yang kualitasnya terjaga seperti kehigienisannya,keunikan dan keistimewaan dari masakan kami.
2.4  DATA PERUSAHAAN
1
Nama Perusahaan
-
2
Bidang Usaha
-
3
Jenis Produk0Jasa
-
4
Alamat Perusahaan
-
5
Nomor Telepon
-
6
Alamat Email
Alamat Twitter
Alamat Facebook
Alamat Blog
Catering_siapsaji@yahoo.com
@cateringsiapsaji
Cateringsiapsaji
Cateingsiapsaji.blogspot.com

1
Nama
Firmansyah
2
Jabatan
CEO
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi,03 Juni 1993
4
Alamat Rumah
Jln.Rambutan 01 no.26
5
Nomor telepon
089376474647
6
Alamat email
firmansyah@yahoo.com
7
Pendidikan terakhir
SMA
8
Pengalam kerja
Wirausaha


1
Nama
Kartika
2
Jabatan
General Manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi,31 Maret 1995
4
Alamat Rumah
Jln.Selatan IV  no.56
5
Nomor telepon
085676779999
6
Alamat email
tikakartika@yahoo.com
7
Pendidikan terakhir
SMA
8
Pengalam kerja
Wirausaha


1
Nama
Rizkia Ulfah
2
Jabatan
Financial Manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi,22 Juni 1994
4
Alamat Rumah
Jln.Selatan 1  no.01
5
Nomor telepon
083875655643
6
Alamat email
Ulfah.rizkia@yahoo.com
7
Pendidikan terakhir
SMA
8
Pengalam kerja
Wirausaha



1
Nama
Novia Sari
2
Jabatan
Production Manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi,29 Juli 1994
4
Alamat Rumah
Jln.Selatan  VII  no.123
5
Nomor telepon
089090977689
6
Alamat email
noviasari@yahoo.com
7
Pendidikan terakhir
SMA
8
Pengalam kerja
Wirausaha

1
Nama
Putri Sekha
2
Jabatan
Marketing Manager
3
Tempat Tanggal Lahir
Bekasi,29 Juli 1995
4
Alamat Rumah
Jln.Selatan II  no.56
5
Nomor telepon
08134769909
6
Alamat email
sekha@yahoo.com
7
Pendidikan terakhir
SMA
8
Pengalam kerja
Wirausaha

2.5  STRUKTUR ORGANISASI


BAB III
ANALISIS PERMASALAHAN

3.1  Modal
Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan

1. Kas Rp 5.000.000,00 Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal) Perlengkapan Rp 1.000.000,00Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan),Peralatan Rp 500.000,00 Kas Rp 500.000,00 (Pembelian Peralatan),Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 7.500,00)
2 x (200 Porsi x Rp 7.500,00) = Rp 3.000.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 3.800.000,00
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000,00).
Rp 4.000,00 x 500 Porsi = Rp 2.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00

 Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan
Pendapatan Porsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 3.000.000,00
Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 800.000,00 +Rp 3.800.000,00
Biaya-biaya Biaya Angkut Rp 200.000,00,Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +Rp 3.200.000,00 +Laba Rp 600.000,00

3.2 Penentuan Harg jual
                perkotaknya Rp.10.000,- ,Rp.15.000,- ,hingga Rp.20.000,- Tergantung isi lauk nya.

3.3 Pemasaran
            Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya

BAB IV
PEMBAHASAN PERMASALAHAN


4.1  SWOT

A.    STRENGH (KEKUATAN)
·         Bahan-bahan nya mudah di temukan
·         Makanannya memiliki rasa khas sendiri
·         Harga setiap nasi kotak terjangkau

B.     WEAKNESS (KELEMAHAN)
·         Setiap kotak nasi tidak tahan lama
·         Modal usaha yang kecil
·         Pemesanan hanya di daerah-daerah terdekat perusahaan saja

C.    OPPORTUNITIES (PELUANG)
·         Minak akan makanan siap saji tinggi
·         Makanan yang praktis siap saji

D.    THREATS (ANCAMAN)
·         Harga katering competiter  bersaing
·         Masyarakat menengah yang tidak menggunakan katering
·         Selera konsumen Variatif
·         Packaging kompetiter lain yang lebih menarik

4.2 TOWS


A.    SO
·         Menerima pesanan dari konsumen lebih banyak lagi
·         Ciri khas dari katering kami akan kami perkuat lagi
·         Tetap menjaga kualitas produk

B.     WO
·         Menerima pemesanan hanya di sekitar daerah perusahaan kami
·         Mencari investor untuk bergabung
·         Mencoba daerah-daerah lainnya

C.     WT
·         Kualitas kami akan kami tambah
·         Membuah harga lebih terjangkau
·         Memahami selsera konsumen
·         Packagingnya lebih menarik lagi


BAB V
KESIMPULAN

5.1 Kesimpulan dari usaha kami

Dari pembahasan yang saya buat ternyata usaha katering sangatlah menggiurkan dengan peminat yang begitu besar. Sehingga kita dapat memperoleh keuntungan sebesar mungkin. Diakui memang usaha ini membutuhkan modal cukup besar, tetapi kita dapat membuka peluang lapangan pekerjaan juga untuk mengurangi jumlah penganggurandi daerah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar